Tips Mengatasi Kucing Cacingan dan Cara Mencegahnya

Tips Mengatasi Kucing Cacingan dan Cara MencegahnyaCacingan bukan hanya terjadi pada manusia, tapi juga hewan termasuk kucing kesayangan kalian. Biasanya, kucing cacingan akan kehilangan banyak nutrisi di tubuhnya & mengalami diare. Akibatnya, kucing terlihat lesu & lemas. Kulit & rambutnya bahkan bisa terlihat kusam.

Jenis-jenis Cacing yang Kerap Menyerang Kucing

Golongan cacing yang bisa menyerang kucing ada 3, yaitu:

  1. Nematoda

Salah satu jenis nematoda yang paling populer adalah cacing gelang. Cacing ini beradaptasi dengan hampir tiap ekosistem, baik di tanah maupun di air. Telur cacing gelang melewati pencernaan, kemudian keluar bersama kotoran kucing & bisa bertahan hidup berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

  1. Cestoda

Cacing ini berbentuk pipih seperti pita itulah kenapa cestoda juga bisa disebut cacing pita. Seluruh jenis cacing cestoda punya struktur pipih yang tertutup kutikula/zat lilin. Biasanya, cacing ini ada di saluran pencernaan dan menempel ke usus. Kalau keluar lewat kotoran, bentuknya seperti beras. Cacing ini dapat masuk ke dalam tubuh kucing ketika ia tak sengaja menelan kotoran kucing lain yang ada cacing pitanya.

  1. Trematoda

Biasanya, cacing ini disebut cacing isap. Cacing ini sebenarnya jarang ditemukan pada kucing. Justru hewan ternak sapi yang lebih sering terinfeksi cacing ini.

Tanda-tanda Kucing yang Cacingan

Kucing cacingan bisa dilihat dari beberapa indikasi seperti diare, kulit & rambut tampak kusam, atau berat badan turun padahal tidak ada gangguan nafsu makan. Selain itu, cacingan pada kucing juga bisa dilihat dari kebiasaan kucing yang suka menjilat atau membersihkan area anus. Kebiasaan yang seperti ini, apalagi kalau berlebihan, dapat mengindikasikan bahwa kucing terkena cacingan sebab rasa tak nyaman di area anus akibat adanya cacing.

Kalian juga dapat melihat area sekitar anus kucing. Kalau ada benda berwarna putih yang seukuran biji beras, mungkin kucing kalian juga cacingan. Butiran warna putih itu adalah potongan segmen cacing yang menyerang saluran pencernaan si kucing.

Cara Mencegah Cacingan pada Kucing

Untuk pencegahan, cara terbaik adalah dengan merawatnya secara rutin sejak periode 1 tahun pertama. Di usia 3 bulanan, anak kucing biasanya sudah boleh diberikan obat cacing sebagai pencegahan. tapi , alangkah baiknya untuk konsultasi dulu dengan dokter hewan untuk pencegahan cacingan yang benar-benar aman. Saat sudah dewasa, pencegahan ini dapat dilakukan tiap 3 – 6 bulan sekali. Agar bebas cacing, konsultasi dengan dokter hewan adalah langkah yang bagus.

Untuk memastikan kucing kesayangan kalian tetap sehat, perawatan di atas saja tak cukup. Kalian juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi kucing. Kucing dewasa bisa diberi Pro Plan Adult agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Mudah-mudahan, panduan ini bisa mencegah kucing cacingan dan memastikan kucing kesayangan kalian selalu sehat.

Mungkin Anda juga menyukai