Pengalaman Beli di Alibaba dan Tipsnya

Pengalaman berbelanja di Alibaba bisa dibilang susah-susah gampang karena setiap kondisi tidak akan terus selalu sama.

Misalnya dimulai dari pemilihan barang hingga menghubungi pihak pemasoknya, segala situasinya bisa nampak berfluktuasi.

Ada kalanya juga kita membutuhkan jasa forwarder untuk mengatasi segala macam kemungkinan yang berhubungan dengan perpajakan dan pabean.

Bahkan dengan forwarder ini, maka cara belanja di Alibaba bisa terbilang lebih mudah daripada sebelumnya. Makanya, lebih disarankan menggunakan jasa tersebut buat kamu yang belum memiliki pengalaman membeli sesuatu di ecommerce kelas dunia yang satu ini.

Tapi meskipun begitu, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk dalam jumlah besar.

Jangan Pernah Membuat Asumsi

Sekalipun kita menemukan toko yang menjelaskan produk secara terperinci, jangan pernah membuat asumsi bahwa barang-barang tersebut tersedia di sana setiap waktu.

Sebaliknya, cobalah lakukan kontak terlebih dahulu dan tanyakan secara pasti berapa stok barang yang mereka bisa sediakan.

Bahkan dengan menghubungi pihak pemasok, kita nantinya bisa tahu produk apa saja yang sudah siap tetapi tidak dipajang di Alibaba.

Selanjutnya, pastikan kamu meminta sample produk terlebih dahulu dengan harga beli biasa sebelum membelinya dalam jumlah besar agar tidak mendatangkan kerugian di masa mendatang.

Bersikap Santai Saat Berkomunikasi

Jangan pernah takut buat mengontak para pemasok barangnya, karena sebagian besar dari mereka cukup merespon dengan cepat dan ramah.

Tak perlu malu juga jika bahasa Inggris kamu pas-pasan. Tak perlu memikirkan masalah grammar dan gaya bicara resmi.

Selama bisa dimengerti oleh kedua belah pihak, maka itu pun tak jadi masalah. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak software penerjamah yang dapat diandalkan, sebut saja Google Translate yang bisa kita gunakan secara gratis.

Tapi bukan berarti semuanya dapat bersikap ramah. Beberapa diantaranya juga memiliki sifat dingin dan kurang menyenangkan.

Saat kamu dihadapkan dengan tipe pemasok semacam itu, maka akan lebih baik untuk tidak merasa terintimidasi selama niatan kamu baik dan benar-benar ingin bekerja sama dengan mereka.

Kuncinya satu, jangan baperan saat mulai masuk ke dunia bisnis internasional karena setiap negara memiliki budaya yang berbeda.

Mungkin Anda juga menyukai