Ini Dia Manfaat Daun Harendong Untuk Kesehatan

daun harendong atau senggani

Pernah mendengar daun harendong? Atau mungkin lebih akrab dengan sebutan daun senggani atau daun senduduk? Daun yang kerap dikonsumsi sebagai lalap ini rupanya juga banyak manfaatnya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas singkat apa sebenarnya manfaat daun harendong untuk kesehatan mengutip dari laman herbal dan kesehatan deherba.com.

Apa itu daun Harendong?

Sebelum lebih jauh membahas apa saja manfaat daun harendong, kita kenali dulu seperti apa ciri dari daun harendong. Mengingat sebagian dari pembaca mungkin cukup asing dengan tanaman jenis gulma perdu ini.

Daun harendong biasa tumbuh di kebun kebun atau pematang sungai. Berbentuk perdu dengan bunga ungu berkelopak lima dan buah uniknya yang berbentuk bulat ungu gelap. Di puncak buah bisa Anda temukan sisa sisa kelopak bunga yang layu dan menciut.

Daun harendong relatif lebar, berbentuk bulat telur berujung runcing. Tulang daunnya unik menyirip dengan 2 sampai 5 tulang utama yang memanjang, bukan 1 seperti kebanyakan daun.  Daunnya memiliki lapisan serupa bulu tipis yang akan terasa kasar bila Anda raba.

Menurut catatan yang disampaikan dalam deherba.com, daun  harendong mengandung sejumlah unsur anti oksidan seperti lavonoid, saponin, dan tanin terhidrolisis yang lazim dikenal sebagai nobotanin B. Juga terdapat unsur antosianin, kaempferol, sterol dan asam lemak.

manfaat daun harendong

Manfaat Daun Harendong Untuk Tubuh Kita

Dari gambaran di atas mengenai kandungan anti oksidan di dalam daun harendong, maka berikut ini adalah sejumlah manfaat daun  harendong yang baik untuk tubuh manusia.

Baik untuk terapi disentri

Disentri adalah kondisi infeksi pencernaan yang menyebabkan penderitanya mengalami diare parah berupa cairan dengan lendir. Disentri bisa menyebabkan efek fatal karena diare yang berlebihan dan rasa nyeri perut yang cukup menyiksa.

Anda bisa mendapatkan manfaat daun harendong untuk mengatasi diare dengan mengonsumsi air rebusan daun harendong ini. Daun handerong di sini bekerja sebagai anti infeksi, membantu memperbaiki kondisi pencernaan dan sebagai anti toksin.

Anda bisa menemukan penjelasan lebih lengkap mengenai pemanfaatan daun harendong untuk disentri dalam Evidence Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2012.

Sebagai terapi obat sariawan

Daun harendong juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati sariawan. Caranya dengan mengunyah daun harendong bercampur garam. Daun harendong harus telah Anda lunakan dengan air panas terlebih dulu.

Dalam jurnal yang sama dengan sebelumnya sudah diurai bagaimana daun harendong dapat bekerja mengatasi keluhan sariawan dan radang tenggorokan ( faringitis). Senada dengan hal tersebut, Journal of Ethnopharmacology juga mengungkap adanya unsur anti inflamasi atau anti radang dalam daun harendong. Sehingga akan sangat baik bekerja mengatasi radang mulut seperti sariawan.

Untuk terapi pengobatan bisul

Sebagaimana sudah kami jelaskan, bahwa daun harendong memiliki efek anti peradangan. Sehingga, manfaat daun harendong ini juga efektif untuk mengatasi radang di permukaan kulit seperti bisul.

Cara untuk mengobati bisul dengan daun harendong adalah dengan meminum air rebusan dari daun harendong. Sekaligus juga menggunakan ampas dari daun harendong ini sebagai kompres di area bisul.

Manfaat daun harendong untuk keputihan

Selain sebagai anti radang dan anti diare, rupanya Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun harendong untuk mengatasi keputihan. Air rebusannya bisa Anda gunakan untuk membilas vagina sebagai terapi anti keputihan.

Manfaat daun handerong ini dapat Anda lihat pada laporan Journal Of Pharmacy and Science tahun 2019. Jurnal tersebut melaporkan hasil riset di Universitas Abdurrab,Indonesia atas ekstraksi daun handerong atau Melastoma affine untuk mengatasi infeksi pada vagina yang mendorong terjadinya keputihan berlebihan.

Itulah sejumlah manfaat daun handerong yang penting untuk kesehatan. Daun handerong mungkin tidak banyak orang kenal, tetapi rupanya ada sederet khasiat yang baik untuk kesehatan.

Mungkin Anda juga menyukai