Kekurangan dan Kelebihan Jaringan WAN

Jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis yang salah satunya termasuk WAN (atau Wide Area Network.

 

Jaringan WAN merupakan salah satu pilihan jaringan komputer yang banyak digunakan oleh perusahaan multinasional karena mencakup wilayah geografis yang paling luas dibandingkan dengan jaringan lainnya.

 

Akses WAN dapat meluas ke suatu negara atau seluruh benua. Dengan menghubungkan jaringan area lokal dalam hubungannya satu sama lain, WAN (Wide Area Network) memungkinkan komputer yang terhubung ke jaringan untuk berbicara satu sama lain, bahkan ketika mereka berada di tempat yang berbeda.

 

Apa rahasia di balik efisiensi WAN (Wide Area Network)? Komponen yang digunakan dalam komunikasi biasanya terdiri dari dua elemen yaitu kabel transmisi serta komponen switching. Kabel transmisi membantu memindahkan bit dari satu komputer ke komputer lain sementara switching adalah komputer yang menghubungkan beberapa kabel transmisi.

 

Setiap fasilitas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda karena tidak ada teknik yang 100% sempurna. Apa yang bisa kita lakukan untuk memilih yang paling cocok untuk industri khusus kita.

Keuntungan Jaringan WAN

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jaringan WAN sangat baik untuk perusahaan dengan jangkauan operasi yang luas – tidak hanya di dalam negeri maupun antar negara. Hal ini karena kapasitasnya untuk dimanfaatkan di wilayah geografis yang luas.

 

Secara internal, jaringan WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya dan perangkat lunak hanya dengan menghubungkan workstation mereka.

 

Pertukaran data melalui jaringan ini dapat dicapai dengan kecepatan yang sangat stabil dan dapat diandalkan. Banyak perusahaan menggunakan WAN untuk mengirim pesan dengan cepat ke orang lain. File dan informasi dapat dibagi (share) melintasi ruang yang lebih luas.

 

Kekurangan Jaringan WAN

Jika ya, apa kerugian dari jaringan WAN? Dengan kekuatan jaringan WAN mau tidak mau disertai dengan anggaran operasional yang luas. Dalam proses setup dan konfigurasi, dibutuhkan tim IT yang terampil karena jaringan untuk WAN lebih kompleks untuk dikelola, rumit, dan membutuhkan peralatan khusus.

 

Banyak orang di sektor IT melihat jaringan WAN sebagai jenis jaringan yang rentan terhadap serangan hacker serta masalah keamanan lainnya Namun, pada kenyataannya, ini adalah masalah yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan keamanan profesional.

 

Misalnya firewall sangat penting, karena memblokir pengguna eksternal dari mengakses dan menyebabkan gangguan pada jaringan WAN perusahaan Anda.

 

Jika Anda yakin Anda memerlukan keamanan tambahan dalam melindungi jaringan WAN yang Anda gunakan, atau memiliki keterampilan keamanan yang tepat di perusahaan Anda Jangan takut untuk mempekerjakan profesional yang dapat memastikan keamanan WAN Anda.

 

Anda bisa mempercayakan Telkom Digital Wholesale Service sebagai mitra infrastruktur jaringan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan cloud, data center, cdn, jaringan internet kabel/wireless, sd wan, unified communication, dll.

 

Mungkin Anda juga menyukai