Jenis Jenis Obat Yang Bisa Dipakai Untuk Menghilangkan Kutu Rambut

jenis jenis obat yang bisa dipakai untuk menghilangkan kutu rambut

Cara menghilangkan kutu rambut ada berbagai macam metode, diantaranya ada beberapa jenis obat yang bisa dipakai untuk membasmi kutu rambut. Pada saat menggunakan obat kutu rambut minimal 2 hari kedepan tidak boleh mencuci rambut, ini gunanya agar obat kutu rambut benar-benar bekerja membasmi kutu. Setelah 3 hari penggunaan obat kutu rambut silakan cuci dengan bersih rambut anda, kemudian bisa juga cuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner untuk perawatan rambut.

Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat menggunakan obat kutu rambut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ketombe
  • Sensasi seperti rasa terbakar pada bagian kulit saat terkena obat kutu
  • Mata merah
  • Iritasi kulit, kulit kepala, dan mata

Obat kutu rambut “Pyrethrins” adalah ekstrak alami dari krisan yang cukup aman digunakan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Tapi obat jenis ini ini hanya membunuh kutu hidup, tidak bisa memusnahkan telur kutu. Untuk itu diperlukan perawatan tahap kedua setelah 9 s/d 10 hari jika telur yang ada sudah menetas.

Lotion permetrin, 1 %(Nix) adalah obat sintetis yang mirip dengan piretrin alami. Kelebihan obat ini dapat membunuh kutu hidup sekaligus beserta telur kutunya. Permetrin juga meninggalkan residu pada rambut yang dirancang untuk membunuh kutu yang baru menetas yang timbul dari telur yang tidak terbunuh pada aplikasi awal.

Setelah pengobatan kutu rambut tindakan yang perlu dilakukan antara lain adalah:

  • Menghilangkan kutu mati atau hidup dengan sisir bergigi halus delapan hingga 12 jam setelah perawatan
  • Hindari menggunakan sampo biasa satu hingga dua hari setelahnya
  • Perus periksa selama dua hingga tiga minggu untuk telur kutu dan kutu
  • Rendam sisir dan sikat dalam air mendidih selama lima hingga 10 menit

Bagi anda yang tertarik dengan pengobatan rumah alami, ada banyak pilihan yang bisa dicoba sebagian pengobatan alternatif, seperti menggunakan minyak zaitun, mayones, atau mentega, walaupun belum ada bukti dan jurnal penelitian secara ilmiah tetapi beberapa perawatan seperti minyak pohon teh hasilnya cukup menjanjikan, tetapi mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan aplikasi yang lebih sering.