Ini Dia Tips Sukses Berbisnis Jadi Penulis

19

Sedikit kita kupas bersama tentang pengertian dari “Writerpreneurship” tentu sudah kita ketahui bersama bagi para blogger, atau penulis artikel untuk website dan penulis-penulis lainnya. Writerpreneurship adalah suatu jenis bisnis atau usaha yang dilakukan dengan menjadi seorang penulis, baik menulis buku dalam bentuk komik, novel, atau pun buku non fiksi, sama seperti halnya jurnal maupun buku yang bertemakan pelajaran, dan bahkan menjadi seorang penulis artikel, cerpen, puisi, serta esai. Pada umumnya sih, pekerjaan menulis memang di percaya bisa menghsilkan pundi-pundi rupiah, atau bisa menjadi bisnis dan usaha sampingan yang menguntungkan, bahkan hasilnya bisa sampai ratusan juta rupiah, dan menariknya lagi disini adalah bisa mencapai triliunan. Bukankah ini adalah angka yang sangat fantastis. Tapi memang memerlukan tahap yang terlatih untuk bisa mencapai semua tujuan.

Menjadi seorang penulis tak kenal sistem saingannya, sebab pembaca akan membeli buku apa saja dari berbagai pengarang yang berbeda, asal bukunya tersebut menari minat para pembacanya, dan pastinya, juga ditunjang dari segi kualitas buku, dengan kata lain “Peluang bisnis ini, masih sangat terbuka lebar untuk siapa saja. Lalu apa saja yang di butuhkan seorang penulis agar bisa menjadi penulis yang handal

Pertama yang harus di perhatikan adalah ketekunan

Saat menulis satu paragraf, disitu akan terjadi yang namanya mental blocking, atau yang lebih di kenal [ hilang inspirasi ]. Disinilah tugas Anda sebagai penulis, harus banyak melatih sesulit apapun, agar semakin produktif tulisan-tulisan yang di hasilkan, entah itu tulisan yang berbentuk artikel biasa, ataupun cerita dan novel.

Yang kedua usahakan perbanyak wawasan dengan membaca

Dengan memperbanyak bacaan, secara tidak langsung kita akan menambah wawasan kosa-kata, inilah yang akan membuat Anda semakin kreatif dalam menulis tulisan apapun itu.

Ketiga, sebaiknya jangan pernah memaksa diri jadi orang lain

Setiap orang pasti memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda, ada yang dengan banyaknya humor, ada yang menggunakan bahasa gaul atau resmi, dan sebagainya. Jadilah diri sendiri, dan gunakanlah gaya penulisan Anda sendiri, serta cobalah untuk menikmati tiap kata yang Anda tulis tersebut.

Lansung kita beranjak ke tujuan. “Bagaimana cara mengirimkan karya yang Anda buat? Jika Anda menulis buku, maka Anda dapat mengirimkan buku kebeberapa penerbit, untuk puisi, cerpen, atau artikel, Anda dapat kirimkan kemedia cetak seperti koran, atau pun majalah. Silakan cari di google, ada banyak sekali referensi alamat pengiriman artikel maupun buku lengkap dengan alamatnya. Bagi penulis artikel, kita bisa menjual tulisan kita ke pengusaha website ataupun blog. Kita tawarkan ciri-khas tulisan kita, dengan memberikan harga yang bijak kepada pembeli, caranya, buka situs forum komunitas bisnis online, klik dan searching di internet beberapa alamat kominitas pebisnis online tersebut. Pelajari liku-likunya mulai dari awal.