Fire Blanket Specification – Penting Banget Diketahui Sebelum Membeli

Penggunaannya yang dilakukan secara manual ternyata masih diburu hingga zaman modern seperti sekarang.

Pasalnya, sejauh ini belum ada teknologi yang mampu menggantikan selimut api saat menyelamatkan diri saat kebakaran atau mematikan api kecil yang berkobar di dapur kita sebelum berpotensi membakar seluruh rumah.

Kebanyakan penggunaan fire blanket di rumah tangga untuk mencegah kebakaran kecil yang melibatkan minyak goreng atau kelas F.

Tapi bukan berarti kita tak bisa mengaplikasikannya pada kelas kebarakan lainnya yang bisa terjadi di rumah.

Selama ukuran sumber api atau objek yang terbakarnya tidak melebihi lebar dan panjang dari selimut api tersebut, maka masih boleh digunakan.

Spesifikasi Standar yang Digunakan

Dikarenakan kebanyakan fire blanket didatangkan secara imporan, maka kita bisa menggunakan spek standar dari Amerika saja karena sudah dijadikan patokan oleh pasaran dunia.

Standar spesifikasi yang paling umum saat ini memiliki label berupa BS EN 1869:1997 yang mencakup berbaga macam ukuran dari 1 hingga 1,8 meter.

Spek ini sudah berkali-kali diuji dan terbukti mampu mematikan api besar yang disebabkan oleh pembakaran minyak rumah tangga.

Misalnya, sebuah testing dilakukan BSI Group dengan mencoba mematikan api yang berkobar di atas 3 liter minyak goreng dengan suhu antara 350-370 derajat celcius.

Asap yang dikeluarkan oleh pembakaran minyak tersebut sangatlah banyak dan benar-benar menyengat.

Mereka kemudian berhasil mematikannya dengan menggunakan fire blanket specification tersebut dengan cara menempatkannya secara langsung di atas minyak yang terbakar, lalu mematikan sumber api dari kompornya.

Selama prosesnya berlangsung, selimut terus digenggam dan diletakkan di atas panci demi mematikan api sepenuhnya.

Setelah itu, fire blanket didiamkan hingga wajan dan minyak mendingin demi menghindari resiko adanya penyalaan kembali.

Menariknya, selimut api yang kita miliki bisa digunakan selama bertahun-tahun dengan cara dicuci ulang selama bagian utamanya belumlah rusak atau mengalami keausan.

Biasanya pabrikan sendiri menambahkan informasi pada label kapan kita harus mengganti produk tersebut.

Selimut api yang sudah aus jika digunakan malah akan terbakar dan membawa bencana yang jauh lebih mengerikan.

Mungkin Anda juga menyukai