Fenomena Kuliner Open Space Kota Batu & Malang

2 kota di jawa timur ini sangat identic dan hampir tidak bisa dipisahkan. Bila kamu ke kota Batu, sudah pasti juga akan mampir ke kota Malang, demikian sebaliknya. Tidak bisa dipisahkan ini memang bukan tanpa alasan. Dulunya , kota batu adalah bagian dari kota Malang, penginapan dekat stasiun kereta Malang.

Jadi statusnya kedua kota hari ini adalah kota sendiri- sendiri, namun secara atribut, tidak bisa dipungkiri bahwa keduanya adalah melengkapi satu sama lain. Kota Malang tidak akan semenarik sekarang bila tidak ada kota Batu, demikian sebaliknya. Ketergantungan kota Batu ke kota Malang sebenarnya lebih besar ketimbang kota Malang ke Batu.

Namun ada satu fenomena yang saat ini sedang berkembang, dan ini membuat banyak pendatang yang belum tahu, hanya sekadar browsing di internet, semakin penasaran dan ingin segera mencobanya sendiri. Apa itu? Tidak lain tidak bukan, yaitu semakin berkembangnya kuliner outdoor atau open space yang dikelilingi oleh alam. Hal ini tidak hanya berkembang di kota Batu, namun kota Malang juga relative banyak loh.

Open space ini bukan hanya sekadar tanpa atap, namun yang terpenting adalah ada view alamnya. Bila hanya sekadar tanpa atap, maka buka bisnis seperti ini di tengah kota di pinggir jalanpun bisa. Namun hal ini berbeda. Harus open space, harus dikelilingi oleh alam.

Alam itu bisa jadi entah sekadar sawah, atau view perkotaan dari jauh yang dibarengi dengan hawa dingin, dll. Ini terjadi di kota Malang, dan kabupaten Malang yang juga masih bagian dari kota Malang namun daerah pinggiran. Jenis kulinernya pun bermacam- macam, ada yang café, jualan makanan berat, ada yang sekadar snack, jualan kopi- kopian, dll.

Di batu bahkan lebih keren lagi, karena view di Batu bisa dipastikan punya view yang sangat cantik yaitu melihat view perkotaan lampu- lampu di malam hari dan disertai dengan angin malam yang dingin, sejuk, segar, kualitas udara khas pegunungan yang infrastrukturnya jarang kamu temui tidak di setiap perkotaan yang ada di pegunungan tinggi.