Beberapa Daftar Aplikasi Keluarga Sehat Terbaik

Halo good people, sudah ada yang tahu jika telah ada salah satu aplikasi keluaran dari pemerintah yang saat ini lagi tren ?, Yups, namnya aplikasi Keluarga Sehat. Terlihat asing memang bagi kita yang belm meggunakanya. Tapi gan, aplikasi ini telah terdapat di Play Store lho, jadi jika kalian penasaran dengan aplikasi ini kalian bisa search dan instal aplikasi mobile buatan pemerintah in di hp kalian atau bisa juga dengan mengunjungi website keluarga sehat.

Aplikasi keluarga sehat, aplikasi ini lebih tepatnya dibuat oleh Pusat Data  dan Informasi atau yang biasa disebut dengan Pusdatin. SEbelum aplikasi keluarga sehat ini launcing , sebelumnya telah ada aplikasi yang fungsinya hamper sama dengan aplikasi sehat ini gan, dahulu namanya prokesga.

Namun karena adanya penambahan beberapa fitur dan fungsi baru, pemerintah membaharuhi system ini dengan membuat aplikasi yang baru. Fugsi utama dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan pendaaan dan analisys guna terciptanya masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera guys.

Dengan adanya aplikasi ini setidaknya pemerintah bisa memantau pertumbuhan penduduk secara lebih instan, meskipun terjun keapangan masih menjadi utama ya gan.

Bsa dikatakan aplkasi ini hanya bsa digunakan oleh orang -orang dipemerintahan yang memang telah memiliki izin. Dilansir dari salah satu web, jika aplikasi ini adalah bentuk dukukangan teknologi informasi seagai alat pembantu untuk memproses dalam pengambilan nomor induk kependudukan atau yang biasa disebut dengan NIK serta Nomor Kartu Keluarga dari Direktoral Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil.

Aplikasi ini telah berlaku secara nasional ya guys, kemudngkinan setiap pemerintahan daerah telah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi kelarga sehat ini selain untuk mencdapatkan NIK, aplikasi ini juga merupakan digitalisasi instrume rumah tangga guna pendataan kesehatan kelarga yang ada di lapangan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur fitur yang menarik dalam bentuk grafik dan table.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan

Langsung saja mimin sekarang akan lanjut pada bagaimana cara peggunaan aplikasi ini. Cek di bawah ini :

  1. Pertama dinas kesehatan yang telah ditunjuk yang berada di kabupaten ataupun kota melakukan inventarisasi dengan mendaftar puskesmas. Hal ini terdiri dari satu orang supervisor atau yang biasa disebut dengan coordinator pengumpul data lapangan. Lanjut dengan satu orang administratror puskesmas, satu kepala puskesmas dan maksimal 10 surveyor.
  2. Dinas keshatan kabupaten ataupun kota segera mengirimkan surat permohonan resmi disertai dengan melampirkan daftar nama nama calon pengelola yang disertai juga dengan nama dan kode puskesmas, nama lengkap dan nik supervisor, kepala puskesmas dan administrator. Jangan lupa sertaka jabatan dan kontak person masing masing. Satu lagi yang gak boleh ketinggalan adalah alamat email .
  3. Semua data tersebut di atas dikirimkan ke Pusdatin dan Kementrian Kesehatan RI. Berkas bisa dikir melalui pos ataupun juga email. Ini adalah alamat email jika kalian ingin mengirim soft copynya keluargasehat@kemkes.go.id dan jangan lupa dengan disertai tembusan ke dinas kesehatan provinsi terlebih dahulu a sebagai laporan .
  4. Selanjutnya data akan divervikasi untuk kemudian Pusdatin membuatkan akun yang terdiri dari 1 kun dinas kesehatan provinsi, 1 akun administrator puskesmas yang bersangkutan, serta satu akun untuk kabupaen atau kota yang semuanya dilengkapi dengan panduan aktivasi.
  5. Terakhir juka semua pada poin nomor 4 telah menerima akun yang aktif, akun tersebt akan diberikan ke puskesmas – puskesmas, dan jangan lupa untuk diaktifasi kembali.

Sumber : samudranesia.id

Mungkin Anda juga menyukai