Anatomi Copywriting yang Harus Disusun Secara Tepat

Kita bisa mengibaratkan copywriting itu seperti tubuh kita, yang mana terdiri dari kepala hingga ujung kaki.

Dengan begitu, anatomi copywriting juga tak boleh disusun secara sembarangan, karena hasil dari penawaran kita akan menjadi acak-acakan.

Setidaknya ada 5 buah bagian utama dari anatomi copywriting, yang mana masing-masing diantaranya harus benar-benar kita buat dengan penuh kasih sayang.

Headline

Pertama-tama, kita harus menempatkan headline di bagian pertama konten. Headline bahkan bisa menjadi bagian anatomi copywriting untuk dikirim ke medan perang saat bersaing dengan orang lain.

Pasalnya, ketika calon pelanggan dihadapkan dengan beberapa pilihan penawaran, maka mereka cenderung memilih judul yang menarik, mind-blowing, bikin penasaran, atau bahkan sedikit menantang.

Manfaat

Setelah berhasil menarik perhatian calon konsumen melalui headline yang kita buat, maka saatnya kita suguhkan beberapa manfaat yang akan mereka dapatkan terkait dengan produk yang tengah kita jual.

Manfaat ini harus dibuat semenarik mungkin untuk membuat para pembaca merasa deg-degan, penasaran, hingga membuatnya menjadi sebuah kebutuhan.

Bukti

Jika manfaat masih belum mampu membuat prospek kita merasa butuh, maka bukti-bukti yang kita suguhkan akan mampu membuatnya merasa empati dan menumbuhkan perasaan untuk segera memiliki dan membeli produk kita.

Bukti ini bisa berupa review dari para pelanggan, cerita-cerita kita di masa lalu, dan lain sebagainya.

Penawaran

Seringkali disebut sebagai call to action, ini adalah bagian closing yang akan menjadi penentu apakah ketiga anatomi copywriting di atas berhasil merayu pembaca atau tidak.

Bahkan saking pentingnya, CTA ini seringkali memakai warna-warna tertentu untuk menggelitik psikologi sang pembaca.

Misalnya warna merah untuk perasaan urgensi, biru untuk menghilangkan kekhawatiran, dan lain sebagainya.

Cukup sesuaikan saja dengan produk yang ditawarkan. Jika misalnya barang yang kita jual tersebut berupa produk terbatas, maka merah akan sangat cocok.

Sementara jika berhubungan dengan investasi yang bisa mendatangkan rasa khawatir, maka biru bisa menjadi pilihan terbaik. Maka dari itulah, perbankan (BCA, Mandiri) biasanya menggunakan warna biru.

FAQ

Sebenarnya ini wajib tak wajib, akan tetapi harus kamu sertakan jika ingin membuat hidup kamu lebih mudah.

FAQ ini memuat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, sehingga kamu tak perlu lagi menjawab pertanyaan yang sama dari calon pelanggan.

Bayangkan jika ada 1000 orang datang ke kita dengan pertanyaan sama, maka FAQ ini akan menghemat 1000 kali waktu kita secara efektif.

Mungkin Anda juga menyukai