6 Tempat Wisata Populer Di Indonesia

taman nasional baluran min

source gambar : idntimes.com

Setelah bergelut dengan rutinintas sehari-hari di tempat pekerjaan atau kuliah tentunya akan membuat anda merasa jenuh dan stres. Nah, sebagai penyegaran anda membutuhkan suasana baru dengan berwisata. Karena memang salah manfaat berwisata adalah untuk menghilangkan stres.

Nah, bagi anda yang hendak berwisata sebagai referensi berikut 6 tempat wisata populer di Indonesia :

  1. Desa Penglipuran

Tempat wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi, terutama bagi anda yang ingin melihat suasana desa tradisional di Pulau Dewata. Di desa ini, anda akan menemukan desain rumah penduduk lokal yang terlihat sama. Baik itu dari segi gerbang masuk rumah, desain atap dan tata letak rumah.

Lalu di bagian luar dan dalam rumah juga ditanami dengan banyak pohon bunga yang tertata rapi. Selain itu, hal lainnya yang menarik dari desa ini adalah kebersihan area desa yang terjaga dengan baik.

Alamat Desa Penglipuran ini berada di Jalan Penglipuran, Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

 

  1. The Lost World Castle

Tempat wisata yang satu ini merupakan bangunan kastil kuno yang sangat mirip dengan benteng takeshi di acara tv. Tujuan dari pembangunan kastil ini adalah sebagi pesan edukasi tentang erupsi besar Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Erupsi Gunung Merapi tersebut telah menghancurkan desa-desa di sekitar lereng Gunung Merapu, dan menyebabkan lenyapnya Desa Kepuharjo. Tempat wisata ini mulai buka jam 07.00-18.00, dengan harga tiket masuk Rp 25.000 saja.

 

  1. Curug Pitu Banjarnegara

Banjarnegara memiliki cukup banyak tempat wisata yang berupa curug/air terjun. Dari sekian banyak curug yang ada di Banjarnegara, salah satunya adalah Curug Pitu yang berada di Desa Sigaluh, kecamatan Sigaluh, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kata Curug Pitu ini artinya air terjun tujuh, karena memang curug ini memiliki tujuh tingkatan. Dimana, anda bisa melewati setiap tingkatan curugnya dengan menggunakan tangga yang sudah tersedia.

 

  1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional ini merupakan tempat pelestarian alam untuk berbagai keperluan mulai dari penelitian, pendidikan, hingga tempat wisata yang menarik.

Taman Nasional Baluran ini mempunyai fungsi yang sama dengan taman nasional pada umumnya di Indonesia. Yakni untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan melindungi sistem penyangga kehidupan, melindungi keanekaragaman jenis dan mengupayakan manfaat sumber plasma nutfah, sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengethaun, pendidikan, dan latihan serta tempat wisata alam dan pelestarian budaya setempat.

 

  1. Hutan Bakau Margomulyo

Selain terkenal dengan pantainya, di Balikpapan juga ada tempat wisata yang berupa hutan bakau, salah satunya adalah Hutan Bakau Margomulyo. Di tempat wisata yang satu ini anda bisa menjelajahi keindahan hutan bakau dengan menggunakan jembatan kayu sepanjang 800 meter. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi menara intai di dalam hutan bakau ini untuk mengamatu berbagai satwa dan unggas.

 

  1. Pulau Ranoh

Memiliki puluhan pulau yang tersebar, Pulau Ranoh ini menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Batam. Alasan utama mengunjungi pulau ini adalah anda akan bisa menikmati suasana ala tropis disana. Ditambah dengan pasir pantai yang bersih, air laut yang jernih , terumbu karang dengan berbagai bentuk yang unik, dan bermacam-macam ikan hias berwarna warni yang membuat pulau ini semakin eksotik.

Mungkin Anda juga menyukai