5 Kiat Efektif Merawat Botol Susu untuk Bayi Anda

Kiat Efektif Merawat Botol Susu untuk Bayi AndaBotol susu menjadi salah satu benda penting yang harus dimiliki saat Anda memiliki bayi. Apalagi jika bayi ingin dibiasakan tidak DBF atau direct breastfeeding. Pilihlah jenis botol susu yang berkualitas dan aman untuk digunakan. Contohnya seperti produk botol susu dari Pigeon yang hadir dengan beberapa pilihan tipe dan sudah terjamin aman.

Merawat Botol Susu

Selama digunakan untuk menyusu, botol ini harus benar-benar dirawat dengan baik. Perawatan botol yang tepat akan mencegah kontaminasi bakteri dan membuat botol lebih awet untuk digunakan. Berikut ini adalah 5 kiat efektif yang bisa Anda lakukan untuk merawat botol susu si kecil agar bisa dipakai untuk jangka waktu lama:

1. Cuci dengan Benar

Tips pertama, Anda harus mencuci botol susu tersebut dengan cara yang benar. Setelah digunakan, segera bilas botol dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu cuci botol menggunakan sabun pencuci piring biasa. Anda juga bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci botol susu si kecil. Pastikan Anda menyikat bagian dalam botol sampai bersih menggunakan sikat khusus.

2. Lakukan Sterilisasi

Setelah dicuci, botol sebaiknya juga disterilisasi. Proses sterilisasi botol dilakukan untuk membunuh semua bakteri yang masih tersisa sehingga botol benar-benar aman digunakan oleh si kecil. Proses sterilisasi bisa dilakukan secara konvensional dengan merebus air di panci besar lalu masukkan semua komponen botol ke dalam air mendidih tersebut.

3. Tiriskan dan Lap Sampai Kering

Segera tiriskan dan lap botol sampai kering setelah proses pencucian. Langkah ini juga penting untuk dilakukan demi menjaga kebersihan botol susu. Jika proses pencucian dan pengeringannya tepat serta terjaga kebersihannya maka botol tersebut pasti bisa lebih tahan lama. Apalagi jika Anda memakai botol dari Pigeon yang memang sudah terbukti berkualitas.

4. Gunakan Alat Khusus

Selain mencuci dan melakukan sterilisasi secara manual, Anda ternyata juga bisa menggunakan alat khusus. Saat ini ada alat khusus yang bisa digunakan untuk mencuci atau sterilisasi botol susu khusus bayi. Alat tersebut pasti akan membuat hidup Anda lebih mudah karena tak perlu mencuci dan membersihkan botol secara manual.

5. Simpan di Tempat yang Tepat

Pastikan Anda menyimpan botol susu yang sudah selesai dicuci dan disterilisasi di tempat yang tepat. Simpanlah botol di tempat yang kering dan tidak lembab. Pastikan lokasinya juga tertutup sehingga kontaminasi bakteri bisa diminimalkan. Bila perlu Anda juga bisa membeli rak khusus untuk menyimpan botol susu tersebut.

Produk Pigeon bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang saat ini sedang mencari botol untuk si kecil. Botol susu bayi dari brand ini terbukti berkualitas, aman dipakai, dan bisa tahan lama. Pilihan tipe dan ukurannya juga sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan usia anak-anak.

Mungkin Anda juga menyukai